Tugas Rangkuman Materi 6 “ Troubleshooting Komputer”

Dalam dunia komputer, segala masalah terkait komputer disebut troubleshooting. Masalah ini meliputi masalah perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Berbagai masalah tersebut tentunya disebabkan oleh suatu hal, entah itu kesalahan pengguna (user) ataupun faktor internal komputer seperti usia pemakaian komputer dll.

Untuk penanganan masalah software, biasanya diawali dengan pendeteksian sederhana seperti pemeriksaan file-file yang berhubungan dengan software atau spesifikasi permintaan dari software itu sendiri. Untuk tahap lanjut, biasanya user akan meremove dan menginstall ulang software tersebut.

Sedangkan untuk penanganan masalah hardware terdiri dari dua teknik yaitu teknik forward dan teknik backward. Teknik forward sendiri berarti segala permasalahan dideteksi semenjak awal komputer dirakit dan hal ini biasanya dilakukan oleh teknisi produsen ataupun dealer. Teknik yang digunakan pun sederhana dan dilakukan sebelum komputer terhubung dengan arus listrik, seperti pengecekan hubungan antara power supply ke soket pada motherboard dll. Teknik berikutnya yaitu teknik backward. Teknik ini dilakukan untuk mendeteksi kesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan (dialiri arus listrik). Hal ini biasanya diperuntukkan bagi komputer dengan usia pemakaian cukup tinggi. Sebagai contoh masalah komputer tidak mau menyala saat tombol power ditekan dll. Selain itu untuk teknik backward lebih sering digunakan karena bisa dilakukan oleh user rumahan dan terdiri dari beberapa pendeteksian masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: